Jumat, 21 Maret 2014

Budaya Celengan

bing bang bing bung yok kita ke bank
bing bang bing bung yok kita nabung
ting tang ting tung hey jangan dihitung
tau tau nanti kita dapet untung....

penggalan lagu anak-anak yang populer di tahun 90-an ini adalah lagu yang sangat menginspiratif anak-anak kecil untuk rajin menabung maka hal inilah yang kini baru saya sadari makna kebiasaan dari keluarga saya khususnya ibu saya yang mengajarkan saya untuk selalu menabung

dari kecil ibu selalu membiasakan saya menabung walaupun tidak di bank tetapi di wali kelas saya yang menerima anak-anak muridnya untuk menabung... juga dirumah ibu saya memberi contoh untuk anak-anaknya menabung di celengan dan hal ini sudah berjalan hingga sekarang saya berusia 26tahun.

rasa-rasanya budaya celengan di keluarga saya yang diusung ibu saya benar-benar tetap dipertahankan terbukti semua adik-adik saya memiliki celengan.

meskipun memiliki celengan ibu saya pun tetap membiasakan adik saya yang masih sekolah untuk tetap menabung di wali kelasnya. jadi dari kecil ibu saya sudah menanamkan untuk berhemat,  menyisihkan uang jajan untuk menabung baik itu berupa buku tabungan maupun celengan.
pict form google

dan hal ini adalah salah satu budaya positif di keluarga saya jadi saya benar-benar bangga pada ibu saya yang sudah mewariskan kebiasan yang baik diluar ajaran moral dan lain sebagainya.

menurut pepatah kuno "Hemat Pangkal Kaya"
 harapan saya cuma satu semoga tabungan saya secepatnya bisa cukup untuk ongkos orang tua saya pergi Haji... karena itu adalah harapan besar kami sekeluarga.

yuk ah ajarkan sedini mungkin anak-anak kita, adik-adik kita, murid-murid kita untuk menabung...dan membudayakan menabung di keluarga. :D meskipun dimulai dari celengan. apalagi saat ini bentuk-bentuk celengan sangat lucu dan menarik bagi anak-anak.... bentuk dan warna nya sangat variatif anak-anak pasti suka. atau bisa juga bikin sendiri dengan barang bekas yang bisa didaur ulang dirumah.

adik saya yang lelaki dulu pernah punya celengan dari bambu...antara ruas dan ruas bambu dia beri bolongan kecil untuk memasukan uang kedalamnya dan pas di bobok kan masih bisa dimanfaatkan bambunya.. ramah lingkungan pula :D
pict form google

lanjut nyenyong ah...

dari kecil kita mulai menabung..
supaya hidup kita beruntung...
mau keliling dunia ada uangnya
juga untuk membuat istana.....


voc : tietiek puspa, zaskia, Giovani "Menabung"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar