Rabu, 01 Januari 2014

Prosedur pembatalan / tunda / ubah jadwal tiket kereta api

kali ini saya ingin posting tentang prosedur pembatalan/tunda/ubah jadwal tiket kereta api. saya mengetahuinya berdasarkan pengalaman saya pribadi, tepatnya hari senin kemarin saya pergi ke stasiun senen untuk mengubah jadwal keberangkatan tiket kereta api yang sebelumnya saya beli di indomart dekat rumah namun karena ada salah satu teman saya pada jam keberangkatan tersebut masih harus bekerja maka dengan sedikit menyesal dan geram, mau tidak mau esoknya saya harus mengubah jadwal keberangkatan karena di khawatirkan tiket pada jam yang kami inginkan sudah habis terjual.

padahal saya tidak pernah sama sekali ke stasiun senen apalagi untuk mengubah jadwal kereta, tapi saya hanya berfikir kalo saya tidak melakukannya maka sampai kapanpun saya tidak akan pernah tau. ya itung-itung cari pengalaman hahahhahha dan keuntungannya saya jadi tau stasiun senen jadi nanti pas hari H saya sudah ga kikuk lagi hehehe.

karena saya membeli tiket secara online via indomart maka sebelum saya membatalkan dan mengubah jadwalnya maka saya harus mem print out tiket. karena di sana tersedia counter untuk print out oleh petugas dan ada pula print out tiket secara mandiri saya memilih secara mandiri karena tidak mengantri meskipun saya tidak tau caranya tapi ada pak satpam yang membantu saya. setelah tiket di print out maka selanjutnya saya ke counter pembatalan tiket

nah di counter ini yang mesti saya siapkan adalah :

1. mengisi form pembatalan tiket. (di form tersebut sudah terperinci apa yang harus kita isi, sesuai dengan instruksi ada ubah jadwal, pembatalan tiket. untuk pembatalan tiket ada instruksi cara mencairkan dana tiket kita apa melalui bank atau tunai yang dapat diambil di stasiun yang kita inginkan dengan catatan masa pencairan selama 30 hari)

2. menyiapkan fotocopy KTP. jika kita memesan tiket lebih dari 1 tiket dengan atas nama orang lain cukup hanya 1 Fotocopy KTP saja yang dicantumkan. fotocopy KTP salah satu dari pemesan tiket.

3. dan tiket yang sudah di print out (jika memesan secara online).

4. segala bentuk pembatalan tiket, tunda dan ubah jadwal akan di potong 25% sesuai dengan harga tiket tersebut.

prosesnya cepat dan tidak berbelit-belit meskipun saya hanya merubah jadwal perjalanan dengan hari yang sama tetap saja potongannya 25% lumayan besar juga menurut saya.

saya berharap sih potongannya tidak sebesar itu karena mulai januari 2014 sudah tidak ada subsidi untuk tiket kereta ekonomi. lalu kenapa 25% ya?? padahal saya hanya mengubah jadwal kereta di hari yang sama, yang awalnya saya berangkat jam 13.00 di rubah ke jam 22.00 di hari yang sama, tapi semoga saja ini untuk kemajuan perkereta apian di indonesia. 

saya juga cukup menikmati kereta api saat ini jauh berbeda dengan kereta pada zaman saya masih SMP ketika itu saya sering pulang dari asrama menggunakan kereta tak jarang kereta berjejal penuh dengan manusia dalam 1 gerbong dan kala itu jadwal kereta hanya ada 1 jam sekali berbeda dengan saat ini 15 menit sekali dengan harga murah namun ber AC dan cepat. tidak seperti sumpek berjejal dan dipenuhi pedagang asongan.


semoga PT. KAI semakin berkembang dengan tekhnologi yang semakin maju. semoga bisa sejajar dengan perkereta apian di Jepang asal gga pake desek-desekan dan jubel-jubelan aja. makin disiplin dan nyaman. bisa mengurai kemacetan jakarta. aamiin YRA

26 komentar:

  1. sip... sorry ya kalo kurang lengkap....thanks udah mampir

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. kalo sy mau membatalkan tiket pny ortu, KTP sapa yg harus dicantumkan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. ktp yang sesuai dengan nama yang tertera pada tiket yang dipesan.

      Hapus
  4. pembatalan tiket itu di semua stasiun? atau di stasiun pemberangkatan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pembatalan tiket itu di stasiun pemberangkatan...

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. catatan masa pencairan selama 30 hari itu maksudnya kalo kita minta uang kembali berarti kita nggak bisa langsung ditransfer gitu ya? musti nunggu dlm kurun waktu 30hari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pas kamu isi formulir pembatalan tiket kamu isi kolom yang untuk uang diambil di loket stasiun atau transfer via bank... karna saat kamu mengajukan pembatalan tiket kamu akan isi formulir yg di formulir itu ada data yg harus kamu isi untuk pencairan uang pembatalan tiket.... bisa di loket stasiun terkait atau tranfer via bank. untuk masa nya 30 hari setelah tiket dibatalkan dan berlaku selama 90 hari. trima kasih sudah mampir :D

      Hapus
  7. catatan masa pencairan selama 30 hari itu maksudnya kalo kita minta uang kembali berarti kita nggak bisa langsung ditransfer gitu ya? musti nunggu dlm kurun waktu 30hari?

    BalasHapus
  8. Sori, untuk tiket yang dijadwal ulang, apakah mendapat tiket baru atau masih menggunakan tiket yang lama? (tiket tercetak jam 13.00 atau tercetak jam 22.00?)tks
    *soalnya utk kepentingan pertanggungjawaban keuangan kantor.. tks infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry telat bales... ehmm untuk tiket dijadwal ulang akan mendapat tiket baru yang sesuai dengan jadwal baru karena tiket lama akan diambil petugas ketika melakukan rescedule. thanks

      Hapus
  9. apakah harus langsung distasiun jika ingin mengubah jadwal kwbwrangkatan?? apa tidak bisa jika langsung diindomaret??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya harus di stasiun keberangkatan. tidak bisa di indomaret karna hanya melayani pemesanan tiket saja.

      Hapus
  10. mbak nya rescedhule nya dengan kereta yang sama atau keretanya beda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rescedule sesuai harga tiket tp bisa dengan kereta lain dg harga tiket beda paling diminta nambah uangnya...setelah dipotong 25% pembatalan tiket tsb.

      Hapus
  11. Saya dan teman saya membeli tiket bersama, tapi dia masuk rumah sakit, bisa tidak ya pembatalan tiket teman saya itu menggunakan ktp saya?

    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. KTP harus sesuai dengan nama yg tertera di tiket yang ingin dibatalkan.... thanks

      Hapus
  12. Kalau membatalkan tiket via indomaret bisa gak ya...

    BalasHapus
  13. Kalau membatalkan tiket via indomaret bisa gak ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gga bisa..harus ke stasiun yang tercantum dalam tiket yang mau di batalkan..sorry telat bales

      Hapus
  14. Maaf mau tanya ketika terlanjur dibatalkan terus daripda ngmbil uangnya nunggu 1 bulan lagi apabila diganti jadwal pmberangkatan bisa tidak???

    BalasHapus
  15. untuk pembatalan tiket di stasiun senen bisa dilayani hari apa saja?apa hanya hari kerja saja?senin-jum’at?

    BalasHapus
  16. Klo tanpa photocopy ktp/passpor bisa gak mrbh jadwa kereta?
    Ktp/passpor di photo doang bisa gak ya

    BalasHapus
  17. Klo tanpa photocopy ktp/passpor bisa gak mrbh jadwa kereta?
    Ktp/passpor di photo doang bisa gak ya

    BalasHapus